Judul diatas kalau kita baca mungkin sesuatu hal yang melelahkan ya. Tapi kali ini yang saya lakukan adalah pindahan hosting yang lama ke hosting yang baru.
Mindahin hosting itu sebuah keputusan yang sulit juga, karena harus migrasi nama domain, file-file yang lama, dan semua itu butuh waktu yang ekstra.
Orang yang masih awam dengan hosting mungkin akan bertanya “kenapa pindah ? kan disitu murah”. Waduh, itu pertanyaan yang sulit dijawab klo udah ada kata “murah”. Padahal kalau bicara tentang hosting sama aja kita bicarain tentang rumah, seberapa banyak yang akan menghuni rumah kita, seberapa mudah aksesnya, gimana kualitas bangunannya, dan lain-lain.

Buat sobat-sobat yang mungkin bingung masalah hosting dan gimana sih memilih hosting yang berkualitas, nih saya kasih sedikit trik yang udah saya lakukan saat ini :

1. Kualitas Performa Server

Sebelum menjatuhkan pilihan, sobat perlu mengetahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu. Ini adalah hal paling utama yang perlu sobatperhatikan. Jangan sampai kesuksesanmu di dunia online terhambat hanya karena website yang sulit diakses, atau segudang permasalahan teknis layanan hosting lainnya.
Selain itu Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting Anda. Spesifikasi ini mencakup teknologi serverkecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan)kapasitas RAMharddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).

2. Customer Support 24 Jam dan Berkualitas

Saya sangat menyarankan sobatuntuk menggunakan layanan hosting yang memiliki tim Customer Support berkualitas.
Hal ini saya sarankan karena setiap saat setiap waktu kita merasakan klo website kita ada yang ga beres, maka saat itu juga kita harus kontak tim CS hosting supaya lebih masalah cepat terselesaikan.

3. Harga Terjangkau dan Unlimited

Nah, klo bilang unlimited ini yang sedikit agak enak buat sobat yang merasa emang blognya selalu kebanjiran pengunjung. Jangan sampai karena traffiknya dibatesin sama hostingnya akhirnya pengunjungnya jadi terbatas juga.
Masalah harga? itu penting juga. Jangan terlalu kesedot sama iming-iming kata murah dan akhirnya memilih hosting murahan yang ga ada supportnya, yang lemot, dan lain-lain.

4. Review Pelanggan

Sebelum memutuskan layanan apa yang ingin sobat gunain, ada baiknya sobat juga mempertimbangkan pendapat orang lain. Dalam hal ini, sobat perlu melihat review dari pelanggan lain baik itu dari blog sampe forum-forum diluaran sana.

Nah, itu sedikit tuips buat sobat yang sekarang pengen milih-milih hosting. Udah siap milih “rumah” terbaik buat bisnismu ?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *