Wisata Alam

Pengusir Rayap Alami untuk Tumbuhan 

Rayap adalah serangga yang memakan selulosa atau kayu. Serangga sosial ini membangun banyak sarang dan memakan kayu di rumah dan perabotan. Karena menimbulkan kerugian ekonomi yang begitu besar rayap digolongkan sebagai hama yang harus dibasmi. Tak heran jika banyak orang yang menjual jasa rayap.

 

Sebagai serangga sosial rayap hidup berkoloni seperti lalat dan semut. Dalam sistem sosial koloni rayap raja dan ratu juga merupakan tentara dan pekerja. Dalam sebuah koloni rayap tidak memiliki sayap tetapi pada suatu saat rayap dapat berkembang menjadi bentuk bersayap. Bentuk ini sering muncul di awal musim hujan yang kita kenal dengan sebutan ngengat.

 

Rayap suka hidup di tempat yang gelap dan lembab karena tidak tahan terhadap cahaya. Tidak heran mereka lebih suka tinggal di dekat permukaan di tanah atau kayu. Tergantung di mana rayap hidup ada 3 jenis semut kayu basah semut kayu kering dan rayap bawah tanah. Tiga jenis rayap yang paling banyak menimbulkan kerusakan adalah rayap kering dan rayap tanah.

 

Bahan Pengendalian Rayap Alami

Sejauh ini pengendalian rayap atau layanan pengendalian rayap yang paling umum adalah penggunaan bahan kimia. Metode penghancuran hanya berfokus pada produk kayu. Jadi pemusnahan rayap terkadang merugikan manusia dengan mengorbankan serangga lain.

 

Baru-baru ini para peneliti di LIPI telah mengembangkan penolak alami yang selektif membunuh rayap. Penolak rayap alami lebih disukai karena ramah lingkungan. Bahan kimia anti rayap seperti aldrin dan chlordane berbahaya bagi kesehatan manusia dan juga bersifat karsinogenik.

 

Buah anti rayap dari Indonesia mengandung anti rayap alami. Kelima herbal tersebut adalah Buntaro Amethyst Anti Aristoxeria Neem dan Tobacco. Bahan aktif pembasmi rayap pada jenis tumbuhan ini adalah azadirachtin pada mimba eugenol pada cengkeh serterin pada buah bantaro dan nikotin pada tembakau. Bahan ini dapat merusak kulit dan perut rayap.

 

Penggunaan anti rayap dalam budidaya lahan pertanian adalah cara utama pengendalian rayap melalui budidaya. Membajak atau menggali akan menghancurkan sarang rayap di bawah permukaan tanah. Burung atau semut seperti rayap dapat memakannya saat keluar dari sarang dan dengan mudah menjadi predator alami.

 

Jamur patogen yang tahan rayap 

Jamur patogen dapat digunakan untuk membasmi rayap dengan memanfaatkan sifat kanibalisme rayap. Aspergillus. Fusarium sp. Metarhizium anisopliae Myrothecium sp dan Beauveria bassiana adalah perusahaan pengendalian hama alami yang sangat efektif. Penyemprotan di lapangan dapat menyebabkan koloni rayap terinfeksi jamur dan mati total.

 

Selain itu rumput vetiver atau vetiver dapat dianggap sebagai pengusir rayap alami. Rumput ini memiliki bau yang harum. Rumput Venturi tumbuh sangat cepat. Apakah Vetiver Membuat Rumput Pengusir Rayap Alami? Ternyata ramuan ini mengandung zat keton yang mengusir rayap serta hama lainnya seperti jangkrik kecoa dan lalat.

 

Rumput Ventiver atau Fragrance Mint dikenal sebagai bahan dalam banyak produk dari makanan hingga pasta gigi. Jelas mint juga merupakan rayap alami. Tanaman mint juga dapat mengusir serangga jenis lain. Selain itu mint dapat mempercantik rumah Anda.

 

Itulah tanaman yang bisa menjadi media pengusir rayap alami. Jika rayap di rumah Anda sudah tidak terkendali, sebaiknya gunakan Jasa Anti Rayap yang bisa membantu Anda menyingkirkan rayap untuk selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *